Cara Turunnya dan Penyampaian Wahyu


Wahyu secara tekstual memiliki makna yang bermacam-macam, namun diantara itu semua terdapat salah satu jenis wahyu yang teramat istimewa. Yakni Kalamullah yang terangkum dalam al Quran. Wahyu ini tidak bisa disamakan dengan wahyu-wahyu yang lain, karena tingkat bobotnya lebih tinggi, menyangkut pedoman universal dalam menjalani kehidupan. Sosok yang menerima wahyu inipun juga merupakn rasul terpilih, yang terkenal akan keluhuran dan keagungan akhlaknya.

Turunnya wahyu ini (dalam konteks ini mengacu pada al Quran) juga merupakan suatu bentuk sifat maha pengasih dari Allah, karena Dia senantiasa memberi petunjuk kepada hamba Nya agar menempuh jalan yang lurus dan terhindar dari segala tipu daya setan. Sebab setan tidak akan pernah ridho kepada anak cucu adam selama kita tidak menjadi golongan mereka.

Telah dijelaskan pula bahwa al Quran ini telah mengalami proses yang panjang ketika turun ke tangan Rasulullah. Melalui beberapa tahapan/fase dan turun secara berangsur-angsur. Tidak secara spontan dan membentuk suatu kitab yang telah terangkum.

Adapun orang yang masih ingkar terhadap al Quran adalah mereka yang sombong dan hanya mengedepankan logika tanpa disertai pertimbangan akal sehat. Karena tidak semua yang ada di dunia ini mampu dijangkau dan ditangkap oleh akal manusia. Dan manusia selalu membutuhkan sebuah pedoman untuk mengarungi kehidupan ini.

download materi lengkapnya disini

0/Post a Comment/Comments

⬅️ Previous Next ➡️