Makna dan Hakikat Ilmu Kalam


Dewasa ini umat beragama mendapatkan pengaruh yang sangat besar dari maraknya suara-suara globalisasi. Naluri ‘survive’ seakan semakin jelas terdengar gaungnya. Pemahaman-pemahaman baru timbul tak terbendung, kadang membuat umat menjadi kabur & bingung dalam menentukan sikap. Islam, sebagai agama universal, tak lepas dari ikatan bilateral tarik-menarik dengan berbagai komponen kehidupan yang bergerak karena tuntutan zaman.
Tak ayal, umat islam kita dituntut ‘pintar’ membuat filter untuk menyaring setiap informasi baru yang tak terbendung konten dan sumbernya. Maka bermunculanlah beragam cabang ilmu baru untuk sebisa mungkin menjawab  berbagai pelik permasalahan dalam kehidupan, mulai skala kecil hingga melibatkan komunitas besar seperti negara/daulah. Sebab islam ternyata berbeda realita dengan agama lain. Seperti seorang tokoh orientalis eropa pernah berujar bahwa bangsa barat menjadi maju sejak mereka meninggalkan agamanya, sedangkan islam menjadi mundur karena mulai meninggalkan agamanya.
Ilmu kalam (`ilm al-kalâm) termasuk kajian yang pokok dan sentral. Ilmu ini termasuk rumpun ilmu ushuluddin (dasar-dasar atau sumber-sumber pokok agama). Begitu sentralnya kedudukan ilmu kalam dalam Dirasat Islamiyah sehingga ia menawari, mengarahkan sampai batas-batas tertentu "mendominasi" arah, corak, muatan materi dan metodologi kajian-kajian keislaman yang lain, seperti fikih, (al-ahwal al-syakhsyiyah, perbandingan mazdhab, jinayah-siyasah), ushul fiqh, filsafah (Islam), ulum al-tafsir, ulum al-hadist, teori dan praktik dakwah dan pendidikan Islam, bahkan sampai merembet pada persoalan-persoalan yang terkait dengan pemikiran ekonomi dan politik Islam. Sedemikian kokohnya kedudukan ilmu kalam dalam studi-studi keislaman sehingga nyaris terlupakan sisi historisitas bangunan pola pikir, logika, metodologi dan sisitematika keilmuam kalam itu sendiri, yang pada gilirannya terlupakan pula agenda pengembangannya. Inilah yang akan coba dipaparkan dalam makalah kali ini, tentang hakikat ilmu kalam yang nilai urgensinya agar dapat digarisbawahi oleh umat islam khususnya.




materi lengkapnya bisa di download disini

0/Post a Comment/Comments

⬅️ Previous Next ➡️