pengertian Teologi Lingkungan


Teologi lingkungan adalah tuntutan kesadaran beragama yang memiliki keterlibatan dan keberpihakan penuh kepada lingkungan. Pembumian teologi lingkungan ini bertujuan dan berperan untuk mendekonstruksi, menguji kembali sikap hidup dan tingkah laku kita terhadap alam.
Teologi lingkungan adalah perspektif teologi tentang alam semesta yang mengkaji ulang posisi manusia dan tanggung jawab etisnya dalam relasi kosmos. Ia yang nantinya akan membongkar keyakinan bahwa manusia dan alam adalah dua ‘dunia’ yang berbeda, yaitu manusia sebagai ‘pusat’ ( core) dan alam sebagai hal yang subordinat alias ‘yang lain’ (the others).
Dengan pembumian teologi lingkungan, diharapkan kita akan sadar bahwa semua ciptaan Tuhan baik manusia, alam, maupun hewan mempunyai hak untuk bereksistensi. Tidak ada satu pun makhluk hidup yang berhak menguasai sesamanya, selain Tuhan. Karena dalam tradisi agama-agama, semua karya di muka bumi berpusat pada Yang Esa, meski secara skema muncul dalam berbagai konsep, seperti Allah, Tao, ataupun Brahman.

download materi lengkapnya disini



0/Post a Comment/Comments

⬅️ Previous Next ➡️